Thursday, 16 September 2021

Jajanan Tradisional Klepon Oline

Klepon adalah camilan yang berwarna hijau dengan isian gula dan taburan kelapa di atasnya. Bahan dasar makanan ini terbuat dari tepung ketan

klepon 1

Salah satu pemilik usaha klepon di Kabupaten Kediri, Yunit, membuat klepon dengan variasi yang berbeda. Usaha yang beralamatkan di Desa Sambirejo Kecamatan Pare ini menyajikan jajanan tradisional dalam bentuk tumpeng dengan klepon yang menjadi ciri khasnya.

Jenis jajanan yang terdapat pada tumpeng seperti, ongol-ongol, gethuk, dan puro yang berada di tengah. Puro ini terbuat dari tepung beras. Untuk pembuatan tumpeng dibutuhkan waktu selama 1-2 jam.

Awalnya Yunit mencoba berbagai resep di internet, hingga menemukan resep yang pas. Penggunaan bahan baku gula aren menjadi keistimewaan klepon oline. Ide usaha klepon oline bermula dari Yunit yang lelah karena sering pulang malam dari mengajar les. Ia dan suami akhirnya mencoba kuliner klepon.

Pertama merintis usaha pada tahun 2018 dengan menu yang disediakan adalah klepon. Lalu ada permintaan jenis jajanan lain dan tumpeng. Dimulai dari teman kuliner yang memesan, hingga akhirnya bisa berkembang seperti sekarang. Harga tumpeng klepon buatannya berkisar 120 ribu-200 ribu rupiah.

Usaha yang bermodal dari tabungan Yunit ini menghasilkan omzet sebesar 800.000 ribu hingga 1 juta rupiah. Pemasaran yang dilakukan Yunit melalui media sosial Facebook kuliner, Instagram dan dari mulut ke mulut. Karena adanya Covid-19, Yunit yang dulunya menerima pesanan klepon dalam bentuk box, saat ini banyak pesanan berupa tumpeng jajanan tradisional.

klepon 2

 

Kendala yang dihadapi adalah kondisi bahan baku kelapa yang tidak bagus, yakni saat membeli dalam jumlah banyak. "Kendala itu di kelapa, karena ngga tau dalemnya. Biasanya kita udah pesen banyak ternyata kelapanya jelek," ujar Yunit.

Jika ingin memesan Klepon Oline bisa menghubungi nomer WA 085735955474 atau datang ke Perumahan Nagoya Pare No. 45 B. Untuk melihat produknya bisa di akun Facebook klepon @olinolina dan Instagram @kleponoline. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner