Thursday, 29 July 2021

Atas Temuan Benda Cagar Budaya, Disparbud Tunggu Rekomendasi BPCB

Setelah adanya temuan benda diduga cagar budaya di Desa Jerukwangi, Kecamatan Kandangan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri telah berkoordinasi dengan BPCB Jawa Timur. Penelitian pun dilakukan, karena tidak jauh dari lokasi tersebut, juga telah ditemukan struktur dan benda – benda yang hampir sama, namun masuk di wilayah Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Dari hasil penelitian sementara, benda tersebut merupakan struktur fragmen, gerabah, keramik, dan peralatan berbahan batuan andesit, serta ditemukan pula 4 terowongan bawah tanah.

yuli

Untuk langkah selanjutnya, Disparbud sedang menunggu hasil rekomendasi dari BPCB. Rencananya usai dilakukan pendataan atas barang temuan tersebut, Disparbud akan berkoordinasi dengan pihak desa agar di lokasi temuan dapat dimanfaatkan. Karena sesuai undang – undang cagar budaya yang baru, tidak harus Disparbud yang memanfatkannya, misalnya dapat digunakan sebagai destinasi wisata budaya, dengan catatan benda cagar budaya tersebut tidak hilang.

Yuli Marwantoko, Kabid Sejarah dan Purbakala Disparbud Kabupaten Kediri mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPCB Trowulan. Dari hasil penelitian, temuan di Desa Jerukwangi ada kaitannya dengan temuan di Desa Rejoagung, Ngoro Jombang.

“Minggu depan BPCB akan melakukan penelitian kembali, sehingga untuk langkah selanjutnya, kami hanya menunggu rekomendasi dari BPCB,” ucap Yuli, (28/9).

Yuli menambahkan, ada kemungkinan di lokasi temuan tersebut nantinya dilakukan eskavasi, namun saat ini belum bisa terlaksana, karena terdapat pergantian pimpinan bru di BPCB Jawa Timur. Kendati demikian tim ahli di BPCB kapanpun siap jika dilakukan eskavasi.

Disparbud berharap kedepan pihak desa dapat memanfaatkan lokasi penemuan benda cagar budaya tersebut sebagai lokasi wisata budaya baru, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui berjalannya UMKM dan sektor usaha lainnya. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner