Thursday, 29 July 2021

Mohak Jaya, Pengrajin Ukiran Piala 7th Kediri Betta Contest

Sisi lain atas suksesnya 7th Kediri Betta Contest yang berlangsung pada 26-27 September 2020 di Convention Hall Kawasan Simpang Lima Gumul adalah piala yang diserahkan kepada para pemenang. Piala dengan ukiran ikan cupang yang sangat cantik itu dibuat oleh pengrajin ukir asal Desa Pehkulon Kecamatan Papar Kab. Kediri, Mohammad Sugiono.

mohak 1

Tak perlu diragukan lagi, kualitas dari seni ukirnya sudah dikenal hampir di seluruh Jawa Timur. Sebenarnya keahliannya adalah mengukir kaligrafi untuk bangunan masjid, hiasan dinding dll. Tapi jika ada permintaan lain dari konsumen pasti akan dikerjakan dengan sepenuh hati dan hasilnya pasti memuaskan.

Pria yang akrab dipanggil Mohak tersesebut mengatakan, tingkat kesulitan dalam membuat piala Betta Contest tersebut adalah karakter dari ikan cupang. Jenis ikan cupang pun cukup banyak sehingga bingung memilih karakter yang dimunculkan dalam piala. Akhirnya jenis ikan betta plakat yang diambil untuk dibuat ukiran.

Dengan dibantu 2 orang temannya, dalam waktu 1 bulan ia mampu membuat sejumlah kurang lebih 200 piala. Mohak menambahkan, sebelumnya ia diminta panitia untuk membuat contohnya. Hasilnya mengundang decak kagum panitia dan Mohak pun langsung mendapat order pembuatan piala.

mohak 2

Belum tentu orang yang punya keahlian mengukir bisa membuat karakter ikan sedetail ini. Dengan adanya permintaan seperti itu saya jadi belajar lagi dan hasilnya alhamdulillah memuaskan. Saya ucapkan terima kasih kepada panitia 7th Kediri Betta Contest yang telah mempercayai saya untuk membuat piala tersebut,” katanya, (28/9/20).

Plt. Kepala Dinas Perikanan Nur Hafid saat penyerahan juga ikut memperkenalkan bahwa ukiran ikan dalam piala tersebut adalah buatan pengrajin Kab. Kediri yang tak kalah dari buatan daerah lain.

Dengan kita melibatkan pengrajin di wilayah Kab. Kediri, akan mampu memulihkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid 19. Semoga Kab. Kediri bisa dikenal di penjuru Indonesia karena peserta dari ajang ini datang dari kota-kota besar di Indonesia,” katanya.

mohak 3

Bagi Anda yang berminat dengan ukiran karya Mohak, bisa menghubungi nomor 085257888272. Anda juga bisa melihat koleksinya di akun Instagram @mohakjaya. (Kominfo/lks,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner