Sunday, 19 September 2021

Pelatihan Diversifikasi Olahan Berbahan Ikan

Guna meningkatkan produksi makanan dengan bahan dasar ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menggelar pelatihan pembuatan aneka kue dari berbagai jenis ikan, (16/9). Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota kelompok pengolah dan pemasaran ikan untuk meningkatkan kualitas pangan keluarga. Selain itu juga mampu menyediakan menu makanan yang sehat serta bisa meningkatkan usaha ekonomi keluarga.

pelatihan 1

Sedikitnya 30 peserta diberikan materi tentang berbagai macam ikan yang dapat diolah menjadi beragam kue dengan nilai gizi tinggi. Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan peserta mendapat pengetahuan dasar pengolahan ikan serta menambah diversifikasi atau macam olahan ikan lele, nila dan lainnya. Disamping itu juga untuk meningkatkan pola makan ikan, penanganan stunting, hingga diharapkan dapat menambah penghasilan melalui menu-menu olahan ikan.

“Dengan pelatihan ini, poklahsar atau kelompok pengolah dan pemasar dapat terus belajar menambah ilmu sehingga bisa mendapatkan inovasi baru seperti pembuatan olahan ikan yang beragam,” ucap Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafid.

Ia menambahkan, pelatihan ini secara rutin dilaksanakan setiap bulan dengan lokasi berpindah-pindah. Di seluruh wilayah Kabupaten Kediri terdapat 15 Poklahsar, sehingga dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan peserta akan menjadi lebih mandiri dan profesional.

Para peserta pelatihan nantinya diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk melakukan inovasi produk olahan berbahan baku ikan karena peluang usaha pengolahan ikan memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan. Apabila usaha ini dikelola dengan baik dan benar pasti akan mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

pelatihan 2

Sementara itu, Santi salah satu peserta pelatihan mengaku senang dapat memperoleh ilmu tentang pengolahan ikan tersebut. Menurutnya pelatihan ini dapat memotivasi para peserta untuk berwirausaha serta menciptakan kreatifitas masyarakat dalam mengolah ikan.

“Kami diberikan materi tentang keanekaragaman kue berbahan dasar ikan, sehingga dapat lebih kreatif dan bisa meningkatkan kesejahteraan,” ucapnya. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)

Comments   

 
0 #2 in Belitung 2020-09-30 23:48
Bagus sekali idenya bermanfaat
Quote
 
 
0 #1 Optik Care 2020-09-19 10:03
Bagus gagasannya, mendorong perbaikan berkelanjutan, support pemerintahan daerah sangat penting
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

banner