Thursday, 16 September 2021

TPID Gelar Operasi Pasar Murah Jelang Nataru

Dua pekan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), TPID Kabupaten Kediri menggelar operasi pasar di sejumlah lokasi di Kabupaten Kediri. Hal ini dilakukan agar harga bahan pokok di pasaran tetap stabil serta tidak ada lonjakan harga.

Operasi pasar murah diselenggarakan di beberapa desa untuk mengetahui tingkat kelangkaan suatu produk ataupun tingginya harga barang pokok. Tim ini terdiri dari beberapa instansi antara lain dinas Perdagangan Kabupaten Kediri, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan serta Bulog. Salah satu lokasi operasi pasar murah ini yakni balai Desa Pagung Kecamatan Semen, Rabu (11/12/19).

Dalam pelaksanaannya, tim membawa 450 kilogram beras yang dijual dengan harga Rp. 9450/kg, 100 kg gula pasir seharga Rp. 12.500/kg, 30 liter minyak goreng Rp. 11.500/lt, 20 kg tepung terigu Rp/ 8000/kg, dan telur ayam ras sebanyak 46 kilogram seharga Rp. 22.000/kg.

Dari sekian komoditas yang dijual dalam operasi pasar, hanya telur ayam yang dijual di bawah harga pasar, karena mengacu pada harga jual kandang atau pengepul. Sedangkan harga untuk gula, tepung terigu dan minyak goreng, sesuai dengan harga rekomendasi dari pemerintah pusat.

Menurut Nuryanti, salah seorang warga, ia merasa senang dengan adanya operasi pasar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri ini. “Kami bisa mendapatkan bahan pokok kebutuhan sehari-hari dengan mudah. Untuk yang harganya sama di pasaran pun, disini kualitasnya lebih bagus,” katanya.

Operasi pasar ini akan terus dilakukan menjelang pelaksanaan perayaan hari besar agar harga bahan pokok di pasaran tetap stabil. Selain itu juga untuk memastikan tak adanya kelangkaan barang.

Minggu depan operasi pasar murah akan diselenggarakan di tiga titik di Kecamatan Mojo, yaitu di Desa Kedawung, Desa Kranding dan Desa Kraton. (Kominfo/fd,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner