Thursday, 16 September 2021

Manfaatkan Internet Secara Bijak

Usai menggelar pembinaan jaringan KIM di Sumber Ubalan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri kembali melaksanakan kegiatan serupa. Kali ini kegiatan pembinaan jaringan KIM diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Wates, Kamis 14 November 2019.

wates 1

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut menghadirkan anggota Karang Taruna dan IT desa se-Kecamatan Wates. Bertindak selaku narasumber pada acara ini yaitu Drs. Agus Edi Winarto, M.Pd. selaku praktisi pendidikan.

Dalam paparannya, Drs. Edi Winarto menyampaikan pentingnya peran generasi muda dalam pembangunan, tak terkecuali dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Apalagi aktivitas generasi milenial saat ini tak lepas dari internet, mulai dari berkomunikasi, kegiatan belajar mengajar, menyalurkan hobi, bahkan tak sedikit yang mencari penghasilan dari pemanfaatan internet.

“Banyak sekali manfaat internet, diantaranya sebagai media komunikasi, media mengakses dan menyebarluaskan informasi, perdagangan/bisnis, serta media untuk mendapatkan hiburan. Ini yang harus kita kelola dan manfaatkan sebaik-baiknya. Karena seperti sebilah pisau, internet juga bisa mendatangkan dampak negatif jika kita salah menggunakannya,” kata Drs. Edi.

wates 2

Cyber bullying, cyber crime, penyebaran konten negatif maupun hate speech adalah beberapa dampak negatif dari internet. Untuk itu generasi muda diharapkan dapat memilih dan memilah serta tidak mudah percaya dengan berita hoax.

Drs. Edi pun berharap peran Karang Taruna dan tenaga IT desa dalam menginformasikan potensi desa melalui pemanfaatan internet. Dari sini akan terbuka peluang bagi masyarakat desa, seperti pemasaran produk UMKM, pertanian, perikanan, maupun meningkatnya kunjungan ke desa-desa wisata. (Kominfo/tee,yda,lks,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner