Sunday, 19 September 2021
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Zona Hijau, Desa Sekoto Dinobatkan Menjadi Desa Tangguh Semeru

Muspika Kecamatan Badas melaunching Kampung Tangguh Semeru Desa Sekoto, Kamis (2/7/20). Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Camat Badas Anik Wuryani, Iptu I Nyoman Kapolsek Pare dan Warsito Danramil Pare.

sekoto 1

Supriyatno, Kepala Desa Sekoto menyampaikan rasa syukurnya karena sampai detik ini Desa Sekoto Kecamatan Badas masih zona hijau. Harapannya, hingga berakhirnya pandemi Desa Sekoto tetap zona hijau.

"Yang terpenting adalah masyarakat selalu patuh terhadap himbauan pemerintah untuk selalu hidup sehat dengan cuci tangan pakai sabun di air mengalir, pakai masker jika keluar rumah dan jaga jarak," pesannya.

Acara peresmian Kampung Tangguh Semeru ini dilaksanakan di gedung serba guna balai Desa Sekoto. Dalam paparannya, Tutut Pujiarto Ketua Gugus Tugas Covid 19 Desa Sekoto menyampaikan bahwa hikmah dari adanya pandemi wabah Covid-19 ini semuanya jadi berubah. Kebiasaan hidup baru harus dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19.

Dari yang semula tidak memakai masker, sekarang kemana-mana wajib memakai masker. Dulu masyarakat terbiasa untuk berkerumun, sekarang harus menjaga jarak lebih dari 1 meter. Selain itu jika keluar rumah wajib pakai masker. Itu semua kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19,” jelasnya.

sekoto 2

Ia menambahkan, dampak dari wabah ini memang sungguh luar biasa pada sektor ekonomi, keamanan, sosial, pendidikan dll. Namun perekonomian Desa Sekoto tetap stabil, karena mayoritas warga Sekoto berprofesi sebagai petani bawang merah yang sangat melimpah. Dengan komoditi unggulan tersebut perekonomian masyarakat Desa Sekoto sangat sejahtera.

Selain itu sinergitas TNI, Polri dan Gugus terjalin baik. Semua pihak selalu tanggap dengan melakukan berbagai upaya demi memutus mata rantai Covid-19. Salah satunya dengan penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum.

Masih banyak masyarakat yang belum sadar dengan pola hidup sehat, untuk itu kami akan terus mengedukasi. Kami akan berusaha mewujudkan kampung tangguh, sehat dan aman bagi masyarakat. Tidak salah jika Desa Sekoto ditunjuk sebagai salah satu kampung tangguh semeru di Kabupaten Kediri,” ucap Tutut Pujiarto.

sekoto 3

Plt. Camat Badas Anik Wuryani menjelaskan bahwa Desa Sekoto memang layak dijadikan kampung tangguh semeru. Ia melihat tiap Pokja (Kelompok Kerja) sudah tahu tugas pokoknya dalam memberikan arahan kepada masyarakat.

Sejak dahulu memang sudah ada pandemi di Indonesia, maka dari itu bagaimana sekarang kita bisa merubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat. Dengan selalu pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, insya Allah wabah Covid-19 tidak sampai masuk ke desa ini,” pesannya.

Sementara itu menurut Iptu I Nyoman Kapolsek Badas, yang paling penting dari pembentukan Kampung Tangguh Semeru ini adalah mencetak kemandirian desa tersebut. Maksudnya dalam penanganan wabah, desa bisa mandiri menyelesaikannya, mulai dari ketahanan pangan, keamanan, pemulasaran jenazah, ruang isolasi dll.

sekoto 4

Dari pandemi Covid-19 ini, bisa kita ambil positifnya. Sekarang pos kampling sangat aktif jadi bisa menjaga keamanan di wilayahnya, juga mampu membangkitkan kembali guyub rukun dan kekompakan warga,” pungkas Kapolsek. (Kominfo/lks,yda,tee,wk)

banner