Thursday, 23 September 2021

Grand Opening KAK, Galeri Penjualan Produk UMKM Kab. Kediri

KAK 1

Pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat, salah satunya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Kediri. Untuk mendorong para pelaku UMKM tetap berjalan dan roda perekonomian tetap berputar, dibukalah pusat oleh-oleh dan galery penjualan produk UMKM Kabupaten Kediri, Kriya Asta Kediri (KAK).

Peresmian galeri yang beralamat di Jl. Raya Kediri-Blitar Desa Sumberjo Kec. Kandat ini dilaksanakan pada Kamis (30/7/20). Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, pembukaan KAK dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita. Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri, Ibnu Ahmad, menyampaikan apresiasi dan selamat atas dibukanya Kriya Asta Kediri sebagai salah satu pusat UMKM di wilayah Kabupaten Kediri bagian selatan.

"Mudah-mudahan KAK ini sukses dan turut membantu mengembangkan UMKM Kabupaten Kediri. Meski di tengah pandemi Covid-19, tetapi geliat ekonomi harus tetap berjalan. KAK menerima semua produk UMKM serta sebagai salah akses pasar untuk menjual produk-produk unggulan, tentu hal ini dapat memberi semangat kepada para pelaku UMKM," jelas Ibnu.

KAK 2

Sementara itu Sudibyo dari PKK Kab. Kediri berharap dibukanya pusat oleh-oleh ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat. “Semoga KAK terus berkembang, maju perlahan tapi pasti, dan dapat mendukung sektor wisata Kabupaten Kediri," kata Sudibyo.

Kriya Asta Kediri diketuai oleh Lina Sofarida. Perempuan yang mempunyai usaha batik ini menjelaskan, KAK dijalankan dengan sistem konsinyasi, yaitu para pelaku UMKM menitipkan barang, danlangsung dibayar saat barang laku terjual.

"Untuk semua barang disini merupakan produk UMKM di wilayah Kabupaten Kediri, mulai makanan, minuman maupun kraft (kerajinan). Tidak hanya dari para pelaku UMKM, produk teman-teman PDKK dan PKH pun ada disini," jelas Lina.

Menurutnya, dibukanya KAK di Kediri bagian selatan adalah untuk menarik target konsumen dari wilayah Blitar, Tulungagung dan sekitarnya supaya mengenal produk UMKM Kabupaten Kediri. Selain berkualitas, produk-produk yang dipasarkan di KAK sudah memiliki ijin PIRT dan layak diedarkan.

KAK 3

“Kepada pelaku UMKM, harus lebih bersemangat. Jangan menyerah dan jangan kalah dengan Covid-19. Kita harus selalu optimis dan jangan patah semangat, kita tetap maju dan pasti bisa!" tegas Lina. (Kominfo/dn,lks,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner