Thursday, 16 September 2021

Renyahnya Camilan Marning Jagung “ Siung Mas “

Marning 1Sejak dahulu kala jagung sudah menjadi hasil andalan pertanian di Kabupaten Kediri. Dari bahan jagung dapat tercipta berbagai olahan makanan menarik dan beraneka ragam. Potensi yang cukup melimpah turut mendorong para pelaku UMKM memanfaatkan biji jagung sebagai bahan bakunya

Salah satunya adalah marning jagung. Makanan tradisional ini masih dicari banyak orang karena selain rasanya renyah dan gurih juga bermanfaat sebagai pelancar ASI. Selain itu, cemilan ini telah terbukti sebagai cemilan diet rendah kalori.

Seperti ketika Tim Kominfo mengunjungi kediaman sekaligus tempat usaha Nursalim di Dusun Gabru Desa Gabru Kecamatan Gurah. Jumat (18/12). salah satu wirausaha yang sudah 17 tahun menggeluti usaha marning jagung.

Pria 6 anak ini menuturkan, awal dirinya memulai usaha marning ini dengan modal 5 Kg jagung. Dibantu istrinya, dirinya menjajakan marningnya bersepeda keliling hingga Jombang dan hingga area Kota Kediri.

“Berjalan keliling jualan hingga dua tahun. Lalu mulai kenal sales jajanan dan snack yangMarning 2 tertarik kerjasama untuk ngambil di rumah. Alhamdulillah rasanya disukai dan omset secara bertahap terus naik.” Jelas Nursalim

Kini marning yang diberi label “ Merk Siung Mas “ ini sudah mengekspansi hingga Solo maupun Jakarta. Pegawai yang menangani usaha ini pun sudah mencapai 12 orang. Ragam produknya kini tidak hanya marning jagung berbentuk bulat, namun juga pipih.

“Sehari sekarang kebutuhan jagung 1 Ton. Ini semua juga dari Gurah dan sekitarnya saja. Kebetulan jagung mudah didapat dan kualitasnya bagus. Sehingga kualitas marning juga besar dan enak.” Kata kakek 3 cucu ini.

Marning 3Tahun 2003, Dinas Pertanian Kabupaten Kediri sudah mendukung penuh usahanya dengan memberikan mesin pemipih jagung. Hingga kini mesin tersebut tetap awet dan masih beroprasi dengan aktif.

Dirinya menambahkan, penjualan marning buatannya dilakukan dengan harga grosir. Untuk ukuran paling kecil yakni dengan berat seperempat kilogram dijual lima ribu rupiah. “itu untuk marning jagung pipih dan tiga ribu lima ratus rupiah untuk jagung bulat. Sementara untuk ukuran besar jagung pipih dihargai 50 ribu per tiga kilogram.”

Bagi anda yang berminat dengan usaha marning jagung Nursalim dapat menghubungi (0354) 545738 atau datang langsung di rumahnya di Dusun Gabru Desa Gabru Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. ( Kominfo )

Comments   

 
0 #2 خرید بک لینک قوی 2021-07-31 05:24
With havin so much written content do you ever run into any problems of plagorism or copyright infringement?
My blog has a lot of unique content I've either authored myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the internet without my permission. Do you
know any methods to help prevent content from being ripped
off? I'd truly appreciate it.
Quote
 
 
0 #1 Nursyamsi 2021-02-21 17:43
Pak kalau mau ambil 100 bal
Dpt harga brp per bal nya....
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner