Seksi Pengelolaan dan Akuisisi Arsip

Seksi Pengelolaan Dan Akuisisi

Seksi Pengelolaan Dan Akuisisi

Kepala Seksi Pengelolaan dan Akuisisi Arsip mempunyai tugas melakukan pengelolaan, penarikan arsip in aktif (akuisisi), penataan dan penyimpanan, pemeliharaan dan perawatan, layanan jaringan informasi kearsipan, melaksanakan penyusutan, penilaian, dan pengendalian arsip. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Pengelolaan dan Akuisisi menyelenggarakan fungsi :

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis arsip dinamis dan statis;
  2. penyiapan bahan penyusunan perencanaan pengelolaan dan akuisisi arsip;
  3. pelaksanaan penataan, penyimpanan pemeliharaan, perawatan, pengamanan, pelestarian dan pengendalian arsip;
  4. penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait sebagai upaya peningkatan kegiatan pengelolaan dan akuisisi arsip;
  5. pelaksanaan, pemindahan, penilaian, pemusnahan arsip yang tidak mempunyai nilai guna di perangkat daerah maupun yang bukan perangkat daerah;
  6. penerimaan arsip in aktif dari perangkat daerah maupun yang bukan perangkat daerah;
  7. pelaksanaan pengolahan arsip in aktif meliputi seleksi, memilah mendiskripsikan, pencatatan dalam kartu data dan pembuatan Daftar Pertelaan Arsip dari Perangkat Daerah maupun yang bukan Perangkat Daerah;
  8. pelaksanaan penataan, penyimpanan, pemeliharaan, pengamanan, pelestarian dan pengendalian arsip;
  9. penelusuran informasi (kearsipan) pelaku sejarah;
  10. penyiapan bahan pembinaan, pengembangan dan peningkatan profesionalisasi Arsiparis melalui pendidikan dan latihan;
  11. penyiapan bahan dan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pengelolaan dan akuisisi arsip;
  12. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Kantor sesuai dengan peraturan perundang-undangan.