Sosialisasi Program PerpuSeru Pengembangan Perpustakaan Berbasis IT Di Perpusda “Mas Trip” – Pare Kabupaten Kediri

foto sosialisasi PerpuSeru'16

foto sosialisasi PerpuSeru'16Pada hari Selasa, 23 Februari 2016 lalu Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kediri bekerja sama dengan PerpuSeru Coca-Cola Foundation Indonesia mengadakan sosialisasi pengembangan perpustakaan berbasis IT. Hadir dalam kegiatan ini Pejabat Struktural dari stake holder terkait, seperti : Dikpora, Dinas Kominfo, Bappeda, BKD, Bagian Humas, Camat Pare, Anggota DPRD, TP PKK Kabupaten, serta dari pihak swasta (Bank Jatim dan Telkom).

Kegiatan sosialisasi tersebut mengambil tema “Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi” Bersama Terbang Menembus Batas.

Tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan pemahaman kepada stake holder, pihak swasta, dan masyarakat mengenai Program PerpuSeru, tujuan yang ingin dicapai dari Program PerpuSeru adalah menumbuhkan kesadaran serta komitmen semua pihak untuk pengembangan perpustakaan. Dalam rangka pengembangan perpustakaan, perpustakaan tidak bisa bekerja sendiri, perlu keterlibatan semua pihak, seperti yang diamanatkan UU 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Pasal 2 : Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, keterukuran, dan kemitraan.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk stimulasi kepada semua pihak untuk ikutan dalam rangka upaya pengembangan perpustakaan, dan menjadi wahana untuk meningkatkan minat baca, memperluas akses informasi, kreatifitas, pengetahuan dan pembelajaran di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda. Membaca pada hakikatnya adalah untuk membuka cakrawala dunia. Perpustakaan sebagai salah satu tempat menumbuhkan minat baca, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin keberadaannya.

PerpuSeru di tahun 2016 ini telah memberikan Stimulan kepada Perpustkaan Umum Daerah “Mas Trip” – Pare Kabupaten Kediri berupa 4 (empat) unit komputer, piranti pendukung dan jaringan internet. Semuanya diberikan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung setia perpustakaan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Perangkat-perangkat tersebut telah terpasang dan dapat digunakan sepenuhnya secara gratis.Perlu digaris bawahi bahwa layanan komputer dan internet bukan untuk menggantikan buku, namun untuk melengkapi informasi yang belum didapat dari buku. Layanan komputer dan internet sangat penting untuk membantu masyarakat mengakses informasi tanpa batas.

Ibu Bupati Kediri melalui Asisten Administrasi Umum (Hj. MAMIEK AMIYATI, SH, MH.) menyampaikan penghargaan dan apresiasi khususnya kepada Coca Cola Foundation Indonesia yang telah memilih Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kediri sebagai salah satu mitra dalam melaksanakan Program Perpuseru 2016.

Dia berharap, program itu dapat menjadi wahana untuk meningkatkan minat baca, memperluas akses informasi, kreatifitas, pengetahuan dan pembelajaran di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Membaca pada hakikatnya adalah untuk membuka cakrawala dunia. Perpustakaan sebagai salah satu tempat menumbuhkan minat baca, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin keberadaannya,terangnya.@V1ct